Minat Warga Gunung Kidul Bekerja di Kota Besar Tinggi

Bupati Gunungkidul, Badingah mengaku pemerintah kabupaten Gunungkidul tidak bisa melarang warga yang hendak merantau mencari pekerjaan ke luar daerah. Pemerintah hanya berharap warga yang merantau ke luar kota memiliki mkeahlian khusus sehingga nantinya bisa memperoleh pekerjaan yang layak.

“Tidak ada larangan untuk membawa sanak saudara, namun kami juga berharap agar yang merantau memiliki kehalian khusus,” katanya, Senin (4/8/2014).

Badingah menjelaskan, sebenarnya saat ini di Gunungkidul sudah mulai banyak tercipta lapangan pekerjaan terutama dari sektor pariwisata. Perkembangan dunia pariwisata mampu menyerap tenaga kerja yang cukup besar sehingga mampu mengurangi pengangguran.

Kedepan, prospek sektor pariwisata akan semakin besar sehingga diharapkan mampu mengurangi angka urbanisasi serta menyerap tenaga kerja yang lebih besar lagi.

Namun demikian, Badingah mengakui kalau minat warga Gunungkidul untuk mencari pekerjaan di luar kota memang cukup tinggi. Sebagai antisipasinya, pemerintah sebenarnya sudah berusaha untuk memberikan ketrampilan bagi warga. Harapanya, warga memiliki keahlian khusus sehingga jika merantau ke luar kota tidak hanya berkerja di sektor informal saja

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memberikan keahlian bagi masyarakat yang ingin merantau, karena kasihan jika sampai disana "jelasnya.

Sementara itu, usai libur lebaran, warga yang mengurus kartu kuning di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Gunungkidul mengalami peningkatan cukup tinggi. Permintaan kartu kuning yang didominasi lulusan SMA sederajat mengalami kenaikan hingga 200 persen. Hanya dalam waktu satu jam saja, warga yang mengurus kartu kuning tercatat mencapai 40 orang.

Sumber : Tribun News

0 Response to "Minat Warga Gunung Kidul Bekerja di Kota Besar Tinggi"